Kuala Kurun, 28 Januari 2021

Bertempat di Ruang Sidang Betang Pengadilan Kuala Kurun telah dilakukan upacara pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun yang dihadiri oleh Bupati Gunung Mas Bapak Jaya Samaya Monong beserta Forkopimda lain yang ada di Kabupaten Gunung Mas. Acara dimulai dengan menanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Muliadi, S.Ag, dan pembacaan SK Hakim yang akan dilantik oleh Bapak Tubagus Ramdan, SE.

Pelantikan ini berdasarkan pada surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 1672/DJU/SK/KP.04.5/11/2020 Tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri di Lingkungan Peradilan Umum tanggal 23 November 2020. Wakil Ketua yang akan dilantik yaitu Bapak Ega Shaktiana, S.H., M.H yang sebelumnya sebagai Hakim Pengadilan Negeri Sampit. Selain pengambilan sumpah dan pelantikan, Wakil Ketua yang dilantik juga turut menandatangani Pakta Integritas. Bertindak sebagai saksi yakni Beben Martinus, S.T., M.Si (Kabid Infrastruktur, SDA, Kewilayahan Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas) dan Aprianto, S.T., M.Si (Sekretaris Kominfo Kabupaten Gunung Mas).

Pada acara pelantikan kali ini disediakan live dengan aplikasi Zoom yang dapat ditonton langsung oleh para tamu undangan yang tidak semua dapat masuk ke dalam ruangan. Penerapan ini salah satu mendukung pemerintah dalam pemutusan tali rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) yang sedang mewabah tanpa harus datang langsung diacara pelantikan. Dan pada acara kali ini di ruang pelantikan diterapkan dengan Physical Distancing dan mewajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H. mengucapkan selamat kepada Wakil Ketua yang baru dilantik dan semoga dapat cepat beradaptasi serta bekerja dengan sebaik-baiknya dalam mengemban amanah. Ungkap Bapak Rudi Ruswoyo, S.H., M.H. "Ini adalah sebuah amanah, Bapak telah dipilih dari sekian ribuan hakim, kurang lebihnya 6.000 hakim di Indonesia, Bapak dipilih oleh Tuhan melalui pimpinan Mahkamah Agung sebagai pemimpin bersama saya untuk memimpin Pengadilan Negeri Kuala Kurun ini." Beliau menitip pesan kepada Bapak Wakil yang baru semoga bisa menjaga tanggung jawab dan kehormatan yang telah diberikan oleh pimpinan Mahkamah Agung kita yang ada di Jakarta katanya. (Adm/Mardona)