Ketua

  1. Membuat Perencanaan (planing, programing) dan pengorganisasian (organizing), Pelaksanaan (implementation dan executing), Pengawasan (evaluation dan controlling) yang baik serasi dan selaras.
  2. Melaksanakan pembagian tugas antara Ketua dengan Wakil Ketua serta bekerja sama dengan baik.
  3. Membagi dan menetapkan tugas dan tanggung jawab secara jelas dalam rangka mewujudkan keserasian dan kerjasama antar sesama pejabat/petugas yang bersangkutan.
  4. Mengawasi administrasi keuangan perkara, keuangan pihak ketiga dan keuangan rutin/pembangunan.
  5. Melaksanakan pertemuan berkala sekurang–kurangnya sekali dalam sebulan dengan para Hakim serta pejabat fungsional/struktural, danseluruh karyawan.
  6. Membuat/menyusun legal data tentang putusan–putusan perkara yang penting.
  7. Memerintahkan, memimpin dan mengawasi eksekusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  8. Melakukan pengawasan secara rutin terhadap pelaksanaan tugas dan memberi petunjuk serta bimbingan yang diperlukan, baik bagi Hakim maupun seluruh karyawan
  9. Melakukan pengawasan intern dan ekstern (Intern: pejabat peradilan, keuangan dan material, Ekstern: Pelaksanaan putusan yang telahberkekuatan hukum tetap)
  10. Menugaskan Hakim untuk membina dan mengawasi bidang tertentu.
  11. Melakukan evaluasi atas hasil pengawasan dan memberikan penilaian untuk meningkatkan penilaian jabatan.
  12. Melaporkan evaluasi atas hasil pengawasan dan penilaiannya kepada Mahkamah Agung.
  13. Mengawasi pelaksanaan court calender dengan ketentuan bahwa setiap perkara pada asasnya harus diputus dalam waktu 5 bulan danmengumumkan pada pertemuan berkala dengan para Hakim.
  14. Mempersiapkan kader (kaderisasi) dalam menghadapi alih generasi.
  15. Melakukan pembinaan terhadap organisasi KORPRI, Dharma Yukti Karini, IKAHI, Koperasi dan PTWP.
  16. Melakukan koordinasi antar sesama instansi dilingkungan penegak hukum dan kerjasamdengan instansi–instansi lain serta dapat memberikanketerangan, pertimbangan dan nasehat tentang hukum kepada instansi Pemerintah Daerah apabila diminta.
  17. Memperhatikan keluhan–keluhan yang timbul dari masyarakat dan menanggapinya bila dipandang perlu.

 

Wakil Ketua

  1. Membantu Ketua dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaanya serta pengoranisasianya
  2. Mewakili Ketua bila berhalangan
  3. Melaksanakan delegasi wewenang dari Ketua
  4. Sebagai kordinator pengawas
  5. Melakukan pengawasan intern untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas telah dikerjakan sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan yang berlaku serta melaporkan hasil pengawasan tersebut kepada Ketua

 

Hakim

  1. Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya.
  2. Mengadili perkara pidana dan mengadili serta memutus perkara perdata.
  3. Melaksanakan mediasi berdasarkan penunjukan sesuai dengan kaedah-kaedah mediasi.
  4. Melaksanakan diversi berdasarkan penunjukan sesuai dengan kaedah-kaedah diversi.
  5. Membuat catatan pinggir pada berita acara dan putusan Pengadilan Negeri mengenai hukum yang dianggap penting.
  6. Dalam hal Pengadilan Tinggi melakukan pemeriksaan tambahan untuk mendengar sendiri para pihak dan saksi, maupun terdakwa, maka Hakim bertanggung jawab atas pembuatan dan kebenaran berita acara persidangan serta menandatanganinya.
  7. Mempelajari berkas perkara yang diterima berdasarkan penunjukan sebelum dimulainya persidangan
  8. Mengemukakan pendapat dalam musyawarah.
  9. Menyiapkan serta memaraf naskah putusan maupun penetapan untuk dibacakan.
  10. Menandatangani putusan yang telah diucapkan dalam persidangan.
  11. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan peradilan di Pengadilan Negeri yang ditugaskan kepadanya.
  12. Mempelajari dan mendiskusikan secara berkala kepustakaan hukum yang diterima dari Pengadilan Tinggi maupun Mahkamah Agung serta isu-isu hukum yang berkembang.
  13. Melaksanakan dan melaporkan secara berkala tugas Hakim pengawas bidang/wasmat sesuai dengan penunjukan pimpinan.
  14. Mengawal berkas perkara yang telah diadili dan diputus sampai dengan minutasi dan diarsipkan.
  15. Memberikan pandangan-pandangan kepada Pimpinan Pengadilan untuk memajukan Peradilan.
  16. Mengisi buku izin apabila akan meninggalkan kantor.
  17. Dan tugas lain yang diberikan.

 

Majelis Hakim

          Melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman di daerah hukumnya.

Panitera

  1. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan dan pengawasan pelaksanaan tugas dalam pemberian dukungan dibidang teknis.
  2. Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara perdata.
  3. Pelaksananaan pengelolaan administrasi perkara pidana.
  4. Pelaksananaan pengelolaan administrasi perkara, penyajian data perkara, dan transparansi perkara.
  5. Pelaksanaan administrasi keuangan yang berasal dari APBN dalam program teknis dan keuangan perkara yang ditetapkan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan, minutasi, evaluasi dan administrasi Kepaniteraan.
  6. Pelaksanaan mediasi.
  7. Pembinaan teknis kepaniteraan dan kejurusitaan,
  8. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalanya sidang Pengadilan.
  9. Menunjuk jurusita/jurusita pengganti untuk menyampaikan relaas panggilan/pemberitahuan, dan
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Ketua Pengadilan Negeri.

 

Sekretaris

  1. Membantu Sekretaris dalam melaksanakan tugas di bidang Administrasi Umum/Kesekretariatan.
  2. Mengkoordinir tugas-tugas Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Keuangan.
  3. Sekretaris sebagai pejabat pembuat komitmen/penanggung jawab kegiatan bertugas:
  4. Membuat dan menandatangani kontrak/SPK dan surat-surat lain yang berhubungan dengan pengadaan barang/jasa atau membuat perikatan dengan pihak penyedia barang/jasa yang mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja.
  5. Menyiapkan dokumen pendukung yang lengkap dan benar serta membuat dan menandatangani Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang dikirimkan ke Kuasa Pengguna Anggaran kemudian diteruskan kepada Sub Bagian Keuangan.
  6. Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala.
  7. Sekretaris bertugas menyelenggarakan administrasi umum, mengatur tugas Wakil Sekretaris, para Kepala Sub Bagian, serta seluruh pelaksana di bagian Kesekretariatan Pengadilan Negeri Kefamenanu.
  8. Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Anggaran bertanggung jawab atas penggunaan anggaran.
  9. Sekretaris selaku Kuasa Pengguna Barang bertanggung jawab atas keberadaan dan pemanfaatan barang milik negara ( BMN ).

 

Panitera Muda Perdata

  1. Pelaksanaan pemeriksaan dan penelaahan kelengkapan berkas perkara perdata;
  2. Pelaksanaan register perkara gugatan dan permohonan.
  3. Pelaksanaan distribusi perkara yang telah diregister untuk diteruskan kepada Ketua Majelis Hakim berdasarkan Penetapan Penunjukkan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan.
  4. Pelaksanaan penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi.
  5. Pelaksanaan pemberitahuan isi putusan tingkat pertama kepada para pihak yang tidak hadir.
  6. Pelaksanaan penyampaian pemberitahuan putusan tingkat banding, kasasi, dan peninjauan kembali kepada para pihak.
  7. Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan peninjauan kembali.
  8. Pelaksanaan pengawasan terhadap pemberitahuan isi putusan upaya hukum kepada para pihak dan menyampaikan relas penyerahan isi putusan kepada Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung.
  9. Pelaksanaan penerimaan konsinyasi.
  10. Pelaksanaan penerimaan permohonan eksekusi.
  11. Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap.
  12. Pelaksanaan penyerahan berkas perkara yang berkekuatan hukum tetap kepada Panitera Muda Hukum.
  13. Pelaksanaan urusan tata usaha kepaniteraan,
  14. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera.
  15. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalanya sidang Pengadilan.
  16. Mengkoordinir seluruh kegiatan di bagian Kepaniteraan Perdata; dan
  17. Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

Panitera Muda Pidana

  1. Pelaksanaan pemeriksaan dan penelaahan kelengkapan berkas perkara pidana.
  2. Pelaksanaan registrasi perkara pidana.
  3. Pelaksanaan penerimaan permohonan praperadilan dan pemberitahuan kepada termohon.
  4. Pelaksanaan distribusi perkara yang telah diregister untuk diteruskan kepada Ketua Majelis Hakim berdasarkan Penetapan Penunjukkan Majelis Hakim dari Ketua Pengadilan.
  5. Pelaksanaan penghitungan, penyiapan dan pengiriman penetapan penahanan, perpanjangan penahanan dan penangguhan penahanan.
  6. Pelaksanaan penerimaan permohonan ijin penggeledahan dan ijin penyitaan dari penyidik.
  7. Pelaksanaan penerimaan kembali berkas perkara yang sudah diputus dan diminutasi.
  8. Pelaksanaan pemberitahuan isi putusan tingkat pertama kepada para pihak yang tidak hadir.
  9. Pelaksanaan penyampaian pemberitahuan putusan tingkat banding, kasasi dan peninjauan kembali kepada para pihak.
  10. Pelaksanaan penerimaan dan pengiriman berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan peninjauan kembali.

 

Panitera Muda Hukum

  1. Pelaksanaan pengumpulan, pengelolaan dan penyajian data perkara
  2. Pelaksanaan penyajian statistik perkara
  3. Pelaksanaan penyusunan dan pengiriman pelaporan perkara
  4. Pelaksanaanpenataan, penyimpanan dan pemeliharaan arsip perkara
  5. Pelaksanaan kerja sama dengan Arsip Daerah untuk penitipan berkas perkara
  6. Pelaksanaan penyiapan, pengelolaan dan penyajian bahan-bahan yang berkaitan dengan transparansi perkara
  7. Pelaksanaan penghimpunan pengaduan dari masyarakat, hubungan masyarakat
  8. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalanya sidang Pengadilan
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Panitera; dan
  10. Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

Panitera Pengganti

Memberikan dukungan atas terselenggaranya pelaksanaan persidangan, baik pada pengadilan tingkat pertama maupun pengadilan tingkat banding, dan menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan persiapan penyelenggaraan persidangan.
  2. Pelaksanaan pencatatan proses sidang.
  3. Pelaksanaan penyusunan berita acara persidangan.
  4. Pelaksanaan penyatuan berkas perkara secara kronologis/berurutan.
  5. Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara yang telah diminutasikan kepada Panitera Muda sesuai dengan jenis perkara, untuk diteruskan kepada Panitera Muda Hukum; dan
  6. Tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

Jurusita

Memberikan dukungan atas terselenggaranya pelaksanaan persidangan dan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap pada pengadilan tingkat pertama dan menyelenggarakan fungsi:

  1. Pelaksanaan pemanggilan kepada para pihak.
  2. pelaksanaan pemberitahuan sita dan eksekusi pada para pihak.
  3. pelaksanaan persiapan sita dan eksekusi.
  4. pelaksanaan sita dan eksekusi dan penyusunan berita acara.
  5. pelaksanaan penyerahan berita acara sita dan eksekusi pada para pihak
  6. terkait; dan
  7. Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

Jurusita Pengganti

Memberikan dukungan atas terselenggaranya pelaksanaan persidangan dan pelaksanaan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap pada pengadilan tingkat pertama dan menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan pemanggilan kepada para pihak.
  2. Pelaksanaan pemberitahuan putusan/upaya hukum/delegasi pada para pihak; dan
  3. Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Umum & Keuangan

  1. Membatu Pimpinan Dalam Membuat Program Kerja Tahunan, Pelaksanaan Dan Pengorganisasiannya ;
  2. Membagitugas , memeriksa, mengawasi, mengkordinir dan bertanggungjawab terhadap semua pekerjaan yang dilakukan oleh staf sub bagian umum dan keuangan serta Tenaga Honorer ;
  3. Membuat SK Sekretaris untuk pengelola keuangan ;
  4. Memeriksa SPP danmenguji SPM-LS untuk belanja pegawai, SPM LS/GUP untuk belanja barang dan belanja modal beserta kelengkapannya ;
  5. MengelolaAplikasi PIN PPSPM ;
  6. Bertanggungjawab Atas Pelaksanaan Administrasi Pada Sub Bagian Umum dan keuangan Yang Meliputi:
  • Surat Menyurat (Surat Masuk / Surat Keluar) Sampai Dengan Pendistribusian Dan Pengarsipan ;
  • Urusan Inventarisasi Barang BMN /SIMAK BMN Sampai Dengan Aplikasi Dan Pelaporannya ;
  • Urusan Perpustakaan Dan Administrasi Perpustakaan, Urusan Rumah Tangga Kantor kedalam / keluar ;   

 

Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata

  1. Memimpin Dan Bertanggung Jawab Atas Pelaksanaan Dan Pendistribusian Tugas Bagian Kepegawaian
  2. Menerima, Meneliti Dan Menanggapi Disposisi
  3. Meneliti Dan Memaraf Serta Menandatangani Surat-Surat Kepegawaian
  4. Membuat Surat-Surat Keputusan Sesuai Tugas Dan Fungsi Bagian Kepegawaian
  5. Membuat Laporan Kepegawaian
  6. Bertanggung Jawab Sebagai Sekretaris Baperjakat
  7. Mengevaluasi Dan Memberikan Penilaian Terhadap Prestasi Kerja Bawahan
  8. Mengambil Alih Pelaksanaan Tugas Bawahan Bila Bawahan Berhalangan Hadir
  9. Melaksanakan Tugas Lain Yang Diberikan Atasan

 

Sub Bagian Perencanaan IT Pelaporan

  1.   Menyusun konsep program kerja, rencana strategis, rencana kerja tahunan, dan ,menyusun indikator kinerja utama
  2.   Menyusun konsep rencana kerja dan anggaran (RKA-K/L)
  3.   Menysusun konsep usulan revisi RKA-K/L, DIPA dan Permintaan anggaran belanja tambahan (ABT)
  4.   Melaksanakan Infrastruktur hardware meliputi server, komputer dan perangkat pendukungnya
  5.   Melaksakan infrastruktur jaringan komputer
  6.   Maintenance website jika ada yang di tambah atau dirubah.
  7.   Memantau dan memonitoring aplikasi SIPP/CTS di bagian Hukum
  8.   Mengupload segala bentuk laporan ke website
  9.   Membantu Sekretaris dalam melaksanakan pengembangan system dan teknologi informasi
  10.   Menghimpun, menyusun dan mengkoordinasikan penyusunan laporan tahunan dan LKjIP
  11.   Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris