Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II walaupun masih seumur jagung, tetap membenahi diri baik dibidang administrasi maupun teknis perkara. Salah satu pelayanan yang saat ini sedang dirasakan masyarakat Kabupaten Gunung Mas adalah dalam pengurusan Surat Keterangan (Suket) Tidak Pernah Dihukum Pidana dan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya yang merupakan syarat administrasi dalam pengurusan sebagai Calon Legislatif, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Sekretaris Desa, Perangkat Desa, maupun Profesi lainnya.

Dalam hal pengurusan Surat Keterangan (Suket) tersebut Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mumpuni dalam hal pelayanan tersebut diatas, sehingga tercapai pelayanan yang disebut dengan One Day Service, dalam hal ini apabila Surat Keterangan (Suket) di masukkan di pagi hari, maka Surat Keterangan (Suket) tersebut dapat dilayani pada hari yang bersamaan juga. Saat ini Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II pada tahun 2019 sampai dengan tanggal 06 Mei 2019 sebanyak 510 (lima ratus sepuluh) Surat Keterangan (Suket), yang menjadi keunikan pelayanan di Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dalam pelayanan Surat Keterangan (Suket) tersebut TIDAK DIPUNGUT BIAYA SEPESER PUN ALIAS GRATISSS.

Dalam pelayanan tersebut selalu ditekankan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H agar melayani masyarakat Kabupaten Gunung Mas dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Hal tersebut merupakan tupoksi yang telah digariskan oleh Mahkamah Agung RI sesuai Surat Edaran (SE) Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2018 agar pelayanan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan benar (paling lama 2 hari kerja).

Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II berpesan agar masyarakat Kabupaten Gunung Mas jangan memancing atau mencederai pelayanan yang telah diberikan oleh Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dengan memberikan ucapan terima kasih, tips bahkan suap.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Kuncoro Tatwo Pratisto, S.H sebagai Panitera Muda Hukum didukung oleh Staff yang bernama Bapak Topan Brian menyanggupi amanah yang telah disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H, Panitera Bapak Mansyah, S.H, Panitera Muda Hukum Bapak Kuncoro Tatwo Pratisto, S.H, dan Staff Bapak Topan Brian bersedia ditindak tegas dan diberikan sanksi apabila dalam pelayanan tersebut menerima imbalan baik berupa barang maupun uang.

 

Tim IT PN Kuala Kurun (Roberto Panjaitan, A.Md)