Kuala Kurun, 20 Oktober 2020

Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 tahun 2020 tanggal 25 September 2020 Perihal Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan secara Elektronik, Pengadilan Negeri Kuala Kurun mengadakan Sosialisasi bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Kuala Kurun pada pukul 09.00 WIB. Yang dihadiri oleh para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Honorer Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

 

Sosialisasi dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H dilanjutkan dengan Pemaparan PERMA 4 Tahun 2020. Bapak Rusadi, S.H. sebagai narasumber dalam memberikan Sosialisasi Perma Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik. Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Kuala Kurun tentang bagaimana tata cara pelimpahan perkara secara elektronik.

  

Dan dengan adanya payung hukum bagi pelaksanaan persidangan secara elektronik tidak ada keraguan lagi bagi para pelaku peradilan dimanapun berada untuk melaksanakannya. Dalam amanahnya Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung “Peradilan Elektronik bukan semata-mata karena adanya wabah Covid-19, melainkan telah menjadi agenda terencana Mahkamah Agung sebagaimana tertuang dalam cetak biru pembaruan peradilan 2010 - 2035 sehingga oleh karena itu kondisi pandemi yang terjadi harus menjadi pendorong untuk bisa lebih cepat mewujudkan badan peradilan modern”.

  

Seusai Sosialisasi Perma No 4 Tahun 2020, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H. mengimbau kepada Bapak Panitera untuk mempelajari dan melaksanakan Perma Nomor 4 tersebut. Sedangkan kepada Bapak Sekretaris untuk selalu mengawasi dalam persiapan sarana dan prasana setiap akan diadakan siding online. (Adm/Mardona)