Kamis, 02 Mei 2019 || Pukul 08.00 Wib Bertempat di Ruang Sidang Kahayan, Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II melaksanakan Sosialisasi bahaya Narkoba dan Pelaksanaan Tes Urine seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan Tes Urine ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H dan turut serta dalam kegiatan ini Wakil Bupati Kabupaten Gunung Mas, Bapak Rony Karlos S.Sos, Kasat Narkoba Polres Gunung Mas dan Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas.

Kegiatan Sosialisasi bahaya Narkoba dan Pelaksanaan Tes Urine ini merupakan upaya Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II untuk menindaklanjuti Surat Edaran dari Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Prekursor Narkotika tanggal 26 Februari 2019.

Dalam Sosialisasi ini dijelaskan mengenai dampak penggunaan narkoba. Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H juga menyampaikan bahwa test urine ini dilaksanakan sebagai bentuk langkah-langkah preventif peredaran gelap narkotika pada Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika Tahun 2018-2019 dan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Nomor 09/KPN.KKn/SK/OT.01.1/I/2019 Tanggal 09 Januari Tentang Penunjukan Satuan Tugas / Relawan Anti Narkoba. Setelah Sosialisasi berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan Pelaksanaan Tes Urine yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh PNS dan CPNS serta Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

Dalam Pemeriksaan tersebut hasil yang didapat menyatakan bahwa pemeriksanaan Urine yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II adalah 100% negatif atau dinyatakan bebas narkoba. Pemeriksaan ini juga diharapkan dapat menjadi bukti bahwa Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat tetapi juga mewujudkan Kantor Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II yang bebas dari Narkoba.

Tim IT PN Kuala Kurun (Roberto Panjaitan, A.Md)