www.pn-kualakurun.go.id || Jumat, 05 Juli 2019 || Pukul 09.00 WIB 

Bertempat di ruang Sidang Kahayan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dilaksanakan Rapat Sosialisasi Evaluasi Meja PTSP+ dan Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) . Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H dan Sekretaris Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Exman Vryanto, S.E serta dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional, Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri di Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Rapat dimulai dengan kata pembukaan dari Moderator Bapak Abi Kusuma, S.H dan dilanjutkan dengan pembinaan Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II. Setelah pembinaan dilanjutkan Sosialisasi Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) yang disampaikan oleh Bapak Roberto Asintongan Panjaitan, A.Md dan Sosialisasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Plus (PTSP+) tentang Register Penyitaan dan Penggeledahan oleh Bapak Akhmad Rusadi, S, sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan DIRJEN BADILUM NO. 44/DJU/SK/HM02.3/2/2019 tanggal 15 Februri 2019 tentang pemberlakuan aplikasi PTSP+ (Pelayanan Terpadu Satu Pintu Plus) dan Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) di lingkungan Peradilan Umum. Surat Keputusan ini juga merupakan terobosan dari Peradilan di Indonesia untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh surat keterangan dari Pengadilan yang ada di Indonesia khususnya di Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Pada akhir sosialisasi Bapak Roberto Asintongan Panjaitan, A.Md menyampaikan bahwa Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) masih jauh dari sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan dan berharap agar di kemudian hari setelah update-update versi selanjutnya, akan ada perbaikan baik dari sisi sistem maupun teknis dari Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) agar seluruh kalangan masyarakat dapat merasakan mudahnya membuat Surat Keterangan secara Elektronik.

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H menunjuk Bapak Kuncoro Tatwo Pratisto, S.H Panitera Muda Hukum sebagai Manager Supervisi dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu Plus (PTSP+) dan Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) di Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, dimana hal serupa sudah mulai diterapkan di berbagai Pengadilan di Indonesia dengan tujuan untuk menjaga kinerja pelayanan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu Plus (PTSP+) supaya tetap bersih, terhindar dari tindakan tidak terpuji dan mampu melayani para pencari keadilan dengan lebih baik lagi.

Rapat ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan mengingatkan kepada Petugas PTSP+ agar tetap mensosialisasikan Aplikasi Surat Keterangan Elektronik (ERATERANG) kepada masyarakat yang datang ke kantor Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II. Ketua Pengadilan Kuala Kurun Kelas II juga memberikan amanat kepada para Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri di Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II untuk tidak ragu-ragu dalam menyampaikan suatu masalah, sebab jika masalah dipendam sendiri maka bisa menghambat pekerjaan di masa depan sedangkan jika disampaikan pada atasan/pimpinan maka bisa dicarikan solusinya Bersama-sama.

 

Tim IT Kuala Kurun (Robert)