Kuala Kurun, 3 September 2020

Bertempat di Ruang Sidang Betang Pengadilan Negeri Kuala Kurun, telah dilaksanakan kegiatan Rapat Rutin Bulanan bulan September 2020 yang dihadiri oleh unsur Pimpinan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Surtiyono, S.H., M.H., Panitera Bapak Syahrudin, S.H., Sekretaris Bapak Exman Vryanto, SE, Hakim-Hakim, Pejabat Struktural/Fungsional, dan Honorer Pengadilan Negeri Kuala Kurun. Rapat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung, dan doa. Selanjutnya Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Surtiyono, S.H., M.H. membuka rapat dan menyampaikan pembinaan di lingkungan Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

Pada pembinaan tersebut disampaikan agar memperhatikan ketentuan PERMA 7 Tahun 2016 Tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya, PERMA 8 Tahun 2016 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, dan PERMA 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya dan Kepada Hakim agar menjaga Kode Etik Hakim, Kepada Panitera agar menjaga Kode Etik Panitera, Kepada Jurusita agar menjaga Kode Etik Jurusita, dan Kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga Kode Etik ASN, sebab pengawasan merupakan kewajiban Pimpinan baik didalam maupun diluar Pengadilan.

Bapak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Surtiyono, S.H. M.H. mengimbau kepada seluruh pegawai Pengadilan Negeri Kuala Kurun untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan. Semua pegawai wajib selalu mengenakan masker, menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak. Beliau menambahkan bagi petugas protokol kesehatan Pengadilan Negeri Kuala Kurun untuk selalu mengawasi para pengunjung baik para pencari keadilan yang menuju ke ruang PTSP dalam hal pelayanan maupun para pengunjung ke sidang untuk selalu mengenakan masker dan mewajibkan para pengunjung untuk mencuci tangan dengan Hand Sanitizer yang telah disediakan.

Dibagian kepaniteraan, dari hasil temuan Hakim Pengawas Bidang di Kepaniteraan Pidana bahwa LRA (Anggaran Realisasi Anggaran) DIPA 03 belum upload di Website Pengadilan Negeri Kuala Kurun sehingga Kepaniteraan Pidana tidak dapat mengetahui anggaran yang harus segera diserap maupun yang harus direvisi. Hasil pengawasan di Kepaniteraan Perdata dari Hakim Pengawas Bidang bahwa belum ada sosialisasi upaya hukum untuk E-Court dan lebih meningkatkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) di ruang Kepaniteraan Perdata. Sedangkan di bagian Kepaniteraan Hukum, dari Hakim Pengawas Bidang bahwa di Kepaniteraan Hukum sudah mulai bagus, hanya ada 3 perkara yang sudah di BHT belum diarsipkan masih tercacat dalam temuan. Akan tetapi pada hari ini sudah tersisa 1 perkara lagi.

Dibagian kesekretariatan, hasil temuan dari Hakim Pengawas Bidang bagian PTIP bahwa Surat Keputusan dan SOP Pengadilan Negeri Kuala Kurun belum terisi secara penuh. Untuk dibagian Kepagawaian, Organisasi dan Tata Laksana, dari hasil pengawasan Hakim Pengawas Bidang masih terdapat arsip tahun 2019 dan 2020 yang masih menyatu. Sedangkan di bagian Umum dan Keuangan, dari hasil pengawasan Hakim Pengawas Bidang bahwa untuk peralatan kebersihan sudah banyak yang rusak dan masih banyak ruangan yang belum dipasang ceklist kebersihan.

Rapat bulanan bulan September 2020 berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri. (Adm/Mardona)