Kuala Kurun, 7 Oktober 2020

Bertempat di Ruang Sidang Betang Pengadilan Negeri Kuala Kurun, telah dilaksanakan kegiatan Rapat Rutin Bulanan bulan Oktober 2020 yang dihadiri oleh unsur Pimpinan Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H. M.H., Wakil Ketua Bapak Surtiyono, S.H., M.H., Panitera Bapak Syahrudin, S.H., Hakim-Hakim, Pejabat Struktural/Fungsional, dan Honorer Pengadilan Negeri Kuala Kurun. Rapat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung, dan doa. Selanjutnya Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H. membuka rapat dan menyampaikan pembinaan di lingkungan Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

  

Pada pembinaan tersebut disampaikan agar memperhatikan ketentuan PERMA 7 Tahun 2016 Tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya, PERMA 8 Tahun 2016 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, dan PERMA 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya dan Kepada Hakim agar menjaga Kode Etik Hakim, Kepada Panitera agar menjaga Kode Etik Panitera, Kepada Jurusita agar menjaga Kode Etik Jurusita, dan Kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga Kode Etik ASN, sebab pengawasan merupakan kewajiban Pimpinan baik didalam maupun diluar Pengadilan.

  

Bapak Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H. M.H. mengimbau kepada seluruh pegawai Pengadilan Negeri Kuala Kurun untuk lebih meningkatkan kedisiplinan kehadirannya. Bagi pegawai yang terlambat akan dipotong remunisasinya. Dalam hal kebersihan, para Honorer untuk selalu menjaga kebersihan sesuai dengan Kavling kebersihannya masing-masing sesuai dengan yang telah ditentukan. Untuk Bapak Panitera untuk memperhatikan perubahan pada Aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) pada versi 4.0.1 yang terbaru. Sedangkan bagi Hakim Pengawas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) mengalami perolingan yaitu Hakim Raden Guntar Anggaraputra Sudjata., S.H. M.H. dan Hakim Tumpak Hasiholan Manurung, S.H. yang dimulai pada hari ini untuk menggantikan Hakim Pengawas  PTSP Bapak Fransiskus Sinurat, S.H. dan Ibu Kunti Kalma Syita, S.H., M.H.

    

Selanjutnya Bapak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Surtiyono, S.H. M.H. melanjutkan menindaklanjuti hasil pengawasan dari para Hakim Pengawas Bidang. Dibagian kepaniteraan, dari hasil temuan Hakim Pengawas Bidang di Kepaniteraan Pidana bahwa map untuk perkara pidana telah habis. Bapak Wakil Ketua mengimbaukan kepada Kepaniteraan Pidana untuk meminta ATK lebih diperbanyak lagi dan meminta pengajuan jauh hari sebelum ATK kehabisan di Paniteraan Pidana.

Sedangkan dibagian kesekretariatan, hasil temuan dari Hakim Pengawas Bidang untuk dibagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana terdapat printer yang perlu untuk diperbaiki.  Hal tersebut perlu berkoordinasi kepada bagian Umum dan Keuangan untuk segera memperbaiki printer tersebut. Kepada Subbagian Umum dan Keuangan untuk segera menyelesaikan LRA (Laporan Realisasi Anggara) sehingga dapat dimuat di web Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

Rapat bulanan bulan Oktober 2020 berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri. (Adm/Mardona)