www.pn-kualakurun.go.id

Pada hari Senin, 22 Juli 2019 Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Pengadilan Tinggi Palangkaraya, Sesuai dengan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya Nomor : W-16/1010/KP.01.2/VII/2019 Tanggal 11 Juli 2019 berkunjung ke Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, adapun tujuan kedatangan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Pengadilan Tinggi Palangakaraya yang dipimpin oleh Bapak Houtman Lumban Tobing, S.H (Hakim Tinggi / Lead Auditor), Ibu Porman Situmorang, S.H., M.H (Hakim Tinggi), Bapak Dr. Andreas Eno Tirtakusuma, S.H., M.H (Hakim Tinggi Ad Hoc Tipikor), Ibu Mersia Sibarani, S.E (Staff PT Palangkara) dan Yuli Harianto (Honorer PT Palangkaraya) yaitu melakukan Pengawasan dan Penilaian (Audit) Akreditasi Penjaminan Mutu terhadap Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Sebelum Pengawasan dan Audit Akreditasi Penjaminan Mutu, terlebih dahulu dilaksanakan Acara Opening Meeting sekaligus Penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Bapak Houtman Lumban Tobing, S.H selaku Ketua Tim Akreditasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H.

Dalam sambutannnya Bapak Houtman Lumban Tobing, S.H menyampaikan bahwa tujuan Akreditasi Penjaminan Mutu ini yaitu untuk mewujudkan Performa / Kinerja Peradilan Indonesia Yang Unggul / Prima (Indonesia Court Performance Excelent). ICPE dapat dicapai melalui kegiatan evaluasi diri, akreditasi, dan sertifkasi. Terdapat 7 (tujuh) kriteria penilaian ICPE dalam akreditasi penjaminan mutu ini. Kriteria tersebut adalah kriteria Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Document System, Resource Management, Process Management, dan kriteria Performance Result.

Audit pun dimulai dari Top Manajemen, Management Representative, dilanjutkan dengan Audit Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang masing-masing didampingi oleh Hakim Pengawas Bidang dan Panitera serta Sekretaris, tak luput dari pengamatan Auditor ruang arsip, APAR, tata kelola ruangan, kebersihan keseluruhan Kantor termasuk Toliet, ruang Teknologi Informasi (Server), uji petik dan sampling berkas.

Di hari berikutnya Selasa, 23 Juli 2019 dilaksanakan acara Closing meeting, dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Palangkaraya Bapak Houtman Lumban Tobing menyampaikan bahwa pada Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II masih terdapat beberapa temuan baik temuan minor ataupun observasi, beliau menyampaikan bahwa akan memberikan tenggang waktu maksimal 5(lima) hari untuk memperbaiki temuan tersebut sebelum hasil audit akan di sampaikan dalam rapat musyawarah di Pengadilan Tinggi Palangkaraya.

Dalam Kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II siap untuk memperbaiki hasil temuan tersebut dalam waktu maksimal 5 hari.

Acara Closing Meeting ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, pembacaan do’a dengan harapan agar Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II akan terus meningkatkan kinerja dan yang terakhir foto bersama.

 

Tim IT PN Kuala Kurun (Robert)