Kuala Kurun, 24 April 2020

Bertempat di Ruang Sidang Betang Pengadilan Kuala Kurun telah dilakukan upacara pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan Hakim Baru Pengadilan Negeri Kuala Kurun oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun yang dihadiri oleh jajaran hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Kuala Kurun dengan jumlah yang dibatasi di tengah masa mewabahnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Acara dimulai dengan menanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Muliadi, S.Ag, dan pembacaan SK Hakim yang akan dilantik oleh Bapak Friady, S.H.

Gambar 1: Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung 

Pelantikan ini berdasarkan pada surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 54/DJU/SK/KP.04.5/3/2020 Tentang Pengangkatan Hakim Pengadilan di Lingkungan Peradilan Umum tanggal 19 Maret 2020. Lima orang hakim tersebut masing-masing adalah Raden Guntar Anggara Putra Sudjata, S.H., Mario Reymond Pandey Silalahi, S.H., Kunti Kalma Syita, S.H., Tumpak Hasiholan Manurung, S.H. dan Fransiskus Sinurat, S.H.  Selain pengambilan sumpah dan pelantikan, para Hakim yang dilantik juga turut menandatangani Pakta Integritas. Bertindak sebagai saksi yakni Amir Rizki Apriadi, S.H. M.M. (Hakim Pengadilan Negeri Kuala Kurun ) dan Exman Vryanto, SE (Sekretaris Pengadilan Negeri Kuala Kurun).

Gambar 2: Pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun 

Pada acara pelantikan kali ini ada yang berbeda pada pelantikan-pelantikan sebelumnya, dimana pada pelantikan disediakan live dengan aplikasi Zoom yang dapat ditonton langsung oleh para keluarga yang dilantik. Penerapan ini salah satu mendukung pemerintah dalam pemutusan tali rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) yang sedang mewabah tanpa harus datang langsung diacara pelantikan. Dan pada acara kali ini di ruang pelantikan diterapkan dengan Physical Distancing dan mewajibkan menggunakan masker dan sarung tangan. Kelima Hakim tersebut sebelum dilantik pada hari ini (Jumat, 24 April 2020) telah melaksanakan isolasi selama 14 hari.

Gambar 3: Pembacaan Pakta Integritas 

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H.  mengucapkan selamat kepada kelima hakim yang baru dilantik dan semoga dapat cepat beradaptasi serta bekerja dengan sebaik-baiknya dalam mengemban amanah. Beliau menitip pesan kepada kelima Hakim yang baru dilantik untuk menjaga nama baik Hakim, khususnya Pengadilan Negeri Kuala Kurun. Beliau mengharapkan untuk para Hakim yang baru dilantik untuk menjalankan amanah dan memberikan keadilan yang seadil-adilnya kepada para pencari keadilan di wilayah Hukum Kabupaten Gunung Mas. (Adm/Mardona)

 

Gambar 4 : Foto Bersama jajaran Hakim