Kuala Kurun, 27 Agustus 2020

Berdasarkan Surat Undangan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Palangka Raya tertanggal 24 Agustus 2020, Pengadilan Negeri Kuala Kurun telah mengikuti Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya kepada Pengadilan Negeri se-Kalimantan Tengah dan Pengumuman Pemenang Lomba SIPP, Website dan Penyerapan Anggaran Tahun 2020. Pembinaan tersebut diikuti oleh Ketua Pengadilan Bapak Rudy Ruswoyo, S.H. M.H, Wakil Ketua Bapak Surtiyono, S.H., M.H, Panitera Bapak Syahrudin. S.H., Sekretaris Bapak Exman Vryanto, SE, beserta Hakim-hakim Pengadilan Negeri Kuala Kurun.

Melalui Video Conference Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya melakukan pembinaan terhadap Pengadilan Negeri se-Kalimantan Tengah dalam hal peningkatan disiplin seperti halnya pelaksanaan absensi dan ijin keluar serta ijin tidak masuk kerja, dan tetap menerapkan protokol kesehatan baik kepada intern Pengadilan Negeri maupun tamu pengguna layanan.

Dalam hal integritas Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Bapak H. Mochamad Hatta, S,H., M.H. mengimbau kepada pimpinan Pengadilan Negeri untuk dapat memberi contoh tauladan kepada pegawainya. Begitu pun bagi para Hakim agar jangan ragu apalagi takut dalam menjatuhkan putusan. Sedangkan untuk pembangunan ZI (Zona Integritas) dan APM (Akreditasi Penjamin Mutu) dapat dilaksanakan dan ditingkatkan serta meningkatkan teknis administrasi dan teknis yustisial.

Sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Ibu Nani Indrawati, S.H., M.H. dalam pembinaannya kepada Pengadilan Negeri se-Kalimantan Tengah untuk selalu tegak lurus, memberikan kepastian hukum kepada para pencari keadilan, dan melindungi orang yang memang benar.

Bapak Panitera Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Bapak Sulaiman, S.H., M.H. menyampaikan kepada para Panitera dan Koordinator Delegasi Pengadilan Negeri se-Kalimantan Tengah untuk selalu memantau WA (WhatsApp) manakala diminta pemanggilan oleh Pengadilan Negeri lain sehingga tidak ada keterlambatan.

Dibagian kesekretariatan yang disampaikan oleh Ibu Istiyani, S.SI yang menekankan untuk lebih cermat dalam melakukan input data pada SIMAK BMN, pembayaran PNBP secara tepat waktu, mengisi data SIKEP dengan lengkap, dan selalu melakukan peremajaan terhadap data SIKEP. Peremajaan data SIKEP bukan hanya dilakukan oleh bagian kepegawaian saja, namun juga oleh semua pegawai.

Seusai Pembinaan oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan bagian Kesekretariatan Pengadilan Tinggi Palangka Raya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama diajukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H. M.H yangmana di Pengadilan Negeri Kuala Kurun sudah ada 35 perkara perdata yang masuk sedangkan Jurusita hanya ada 1 orang yang juga sebagai bendahara pengeluaran di bagian Umum dan Keuangan. Sedangkan wilayah hukum Pengadilan Negeri Kuala Kurun yang luas dengan jarak yang jauh. Apakah bisa untuk mengajukan pegawai lain untuk menjadi Jurusita Pengganti. Lalu dilanjutkan pertanyaan dari pengadilan-pengadilan lain dan berakhirnya sesi tanya jawab dengan pengumuman hasil pemenang lomba (Adm/Mardona)