www.pn-kualakurun || Kamis, 23 Mei 2019 || Pukul 08.00 Wib

Bertempat di ruang sidang Kahayan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, telah dilaksanakan acara Pemberian Penghargaan Role Model dan Agen Perubahan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H, seluruh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Staff, dan Honorer.

Perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja) mempunyai peranan penting dalam mewujudkan manajemen perubahan sebagai bagian dari delapan area perubahan dalam program Reformasi Birokrasi. Perubahan mental model/perilaku Aparatur diharapkan akan mendorong terciptanya budaya kerja positif yang kondusif agar terciptanya birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif, dan efisien serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Salah satu indikator diimplementasikannya proses perubahan pola pikir dan budaya kinerja tersebut berdasarkan Permenpan dan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, salah satu upaya untuk menggerakkan organisasi dalam melakukan perubahan melalui pemilihan agent of change ataupun role model.

​​​​​       

Dalam rangka melaksanakan Permenpan dan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II telah melakukan pemilihan Agen Perubahan dan Role Model untuk Periode Januari – Juni Tahun 2019. Pemilihan langsung didasarkan pada kriteria dan indikator yang telah ditetapkan sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor : 1467a/DJY/SK/KP02.1/6/2018 Tanggal 29 Juni 2018 Tentang Pedoman Pemilihan Agen Perubahan Sebagai Role Model Pada Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding.

Terdapat 6 (Enam) kriteria dalam pemilihan Agen Perubahan, yaitu meliputi:

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
  2. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin pegawai;
  3. Bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Taat aturan disiplin dan Kode Etik Pegawai;
  5. Mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan organisasinya; dan
  6. Proaktif dan Inovatif terkait pelaksanaan tugas fungsi dan Reformasi Birokrasi.

Dalam Pemilihan Role Model juga  terdapat 10 (Sepuluh) kriteria yaitu meliputi:

  1. Disiplin;
  2. Tanggung Jawab;
  3. Kreatifitas;
  4. Adaptasi;
  5. Perilaku;
  6. Komunikasi;
  7. Kejujuran;
  8. Penampilan;
  9. Bahasa Inggris; dan
  10. Komputer.

         

Hasil dari pemilihan tersebut, terpilih Bapak Mangisi Gultom ,sebagai Role Model dan Bapak Akhmad Rusadi, S.H. sebagai Agen Perubahan yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Nomor : 98/KPN.Kkn/SK/OT.00/V/2019 Tanggal 06 Mei 2019 Tentang Penunjukan Sebagai Role Model Dan Agen Perubahan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Diakhir Acara tersebut Bapak Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit S.H., M.H, menyampaikan semoga Role Model dan Agen Perubahan yang terpilih dapat menjadi teladan, inspirator dan motivator bagi pegawai lainnya dalam prestasi kerjanya, pola pikirnya (mind set) dan budaya kerjanya (cultur set) dalam proses perubahan pada Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Team IT PN Kkn (Jait).