Senin, 9 September 2019 || Pukul 08.00 WIB, Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Moderator Ibu Solimah dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H. dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Rudy Ruswoyo, S.H., M.H, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural/Fungsional, ASN dan Honorer Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II.

Pada Sesi I, diawali dengan Sosialisasi Sistem Penanganan Perkara Tindak Pidana Berbasis Teknologi Informasi (SPPT TI) dan Perma 4 Tahun 2019 oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Darminto Hutasoit, S.H., M.H.

Kegiatan sosialisasi SPPT-TI ini menindaklanjuti Perpres No. 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dan perluasan wilayah implementasi SPPT-TI tahun 2019-2020. SPPT-TI merupakan salah satu fokus kebijakan Pemerintah, dimana SPPT-TI menjadi salah satu aksi yang diharapkan dapat menjamin adanya ketersediaan, ketepatan, dan keakuratan serta kecepatan dalam memperoleh dan memproses data dalam rangka penegakan hukum yang berkualitas.

Selanjutnya dilaksanakan Sosialisasi Perma 1 Tahun 2019 oleh Panitera Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Mansyah, S.H.

Pada Sesi II, diawali dengan Sosialisasi Aplikasi E-Court dan E-Litigasi Oleh Bapak Roberto Asintongan Panjaitan, A.Md. Sosialisasi E-Court ini dilaksanakan sesuai program Mahkamah Agung RI Sesuai Perma Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan Secara Elektronik.

Selanjutnya dilaksanakan Sosialisasi SAKIP Oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II, Bapak Exman Vryanto, S.E dan Kasub Bag Umum dan Keuangan, Ibu Vusi Rurianty, S.Kom. Pada Sosialisasi ini dijelaskan bagaimana cara menyusun SAKIP yang terdiri dari LKJIP, RENSTRA, IKU, PKT dan RKT sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.

Demikian uraian Kegiatan Sosialisasi yang telah dilaksanakan dengan baik dan ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Doa.

Tim IT PN Kuala Kurun (Roberto Panjaitan, A.Md)