KUALA KURUN (24/04).  Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Mas mengadakan sosialisasi pencegahan penyebaran COVID 19 atau biasa disebut dengan Virus Corona di Kantor Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Kabid Kesehatan Masyarakat, Radyanson, S.KM menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut intruksi dari Gubernur Kalimantan Tengah tentang Pencegahan Penyebaran Virus Corona.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Virus Corona dan cara mengatasinya. Selvi Oktavianti, S.Kep, Kepala Seksi Pemberdayaan Kesehatan Masyakakat Dinas Kesehatan, selaku Pembicara mengatakan bahwa langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan, terutama pada bagian tangan, karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling aktif bergerak untuk melakukan sesuatu. Virus Corona sudah ada terdeteksi di Wilayah Gunung Mas dengan sampai saat ini terdapat 6 orang dengan status ODP (Orang Dalam Pengawasan), maka dari itu perlu dilakukan langkah pencegahan dengan cara mendapatkan informasi mengenai Virus Corona sedini mungkin.

Yang disampaikan pada saat sosialisasi ini adalah mulai dari asal-usul virus corona, kemudian ciri-ciri orang yang terkena virus corona, "gejalanya terlihat persis seperti terserang penyakit flu tapi sedikit lebih aneh, kemudian upaya pencegahan yang kita sampaikan salah satunya adalah perilaku hidup bersih dan sehat, kemudian tidak berjabat tangan." paparnya.

 

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ini, Dinkes Gunung Mas akan menyiapkan peralatan dan perlengkapan penyemprotan di Kantor Pengadilan Negeri Kuala Kurun sesuai dengan arahan dan permintaan dari Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun untuk melakukan pencegahan sedini mungkin terhadap penyebaran Virus Corona ini, selain itu menyiapkan sarana untuk mencuci tangan di depan kantor, adanya handsanitizer, dan masker sudah dilakukan dan diberikan kepada masyarakat para pencari keadilan. (Adm/PN-KKN).