Dalam rangka upaya Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 dilingkungan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Acara dilaksanakan pada hari Kamis 14 Maret 2019 di ruang sidang utama Kahayan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan acara ini bertema " Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani" pada Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II sesuai Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tersebut di hadiri oleh jajaran PORKOPIMDA dan Pimpinan Instansi terkait di Kabupaten Gunung Mas  atau yang mewakili.

Pada awal acara dimulai dengan bersama - sama menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan setelah selesai lagu Indonesia Raya di nyanyikan tidak lupa untuk berdoa yang pada acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini doa dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Bapak H. Abdul Khair, S.Ag.  

Dalam acara ini selanjutnya akan dibacakan Ikrar yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto HUtasoit, SH., MH dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Bapak Muhammad Aliyuddin, S.Ag., MH dan di ikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II, tapi sebelum Ikrar bersama dibacakan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II terlebih dahulu menyampaikan Yel - Yel yang berbunyi demikian ( Selamat pagi : "pagi...pagi...pagi", Mahkamah Agung : "Maju", Peradilan Umum/Agama: "Sukses", Akreditasi Penjamin Mutu: " Bermutu", dan yang terkahir Zona Integritas: "Luar Biasa", yang di akhiri dengan tepuk tangan. Selanjutnya dibacakan Ikrar bersama Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II dan Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II yang dibacakan dengan suara sangat lantang dan jelas.  

Selanjutnya dilanjutkan dengan penandatangan Pencanangan Pembangunan Zona Integeritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, SH., MH dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Bapak Muhammad Aliyuddin, S.Ag., MH, dan para saksi - saksi penandatangan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Bupati Kabupaten Gunung Mas Bapak Drs. Arton S. Dohong, Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Drs. H. Gumer, Komandan Kodim 1016 Palangka Raya Letkol Czi Chadra Adibrata, Kepala Kepolisian Resort Gunung Mas AKBP Yudi Yuliadin, S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gunung Mas Koswara Nasution, SH., MH, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Bapak Muhammad Aliyuddin, S.Ag., MH, Kepala Rumah Tahanan Negara Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri,S.A.Md., SH, Kepala Balai Pemasyarakatan Palangka Raya Bapak Herry Muhammad Ramdan, A.Md., IP,SH, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gunung Mas H. Fahmie, Ketua Majelis Resort GKE Kuala Kurun Pdt. Edison B. Kuni, S.Th, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Gunung Mas Ibu Ode, S.Pd, Wakil Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Gunung Mas Ir. Kamiar, Tokoh Masyarakat Kabupaten Gunung Mas Bapak Drs. Anthony L. Djaga. 

Pada acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Juga di lakukan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, SH., MH, dan Bupati Gunung Mas Bapak Drs. Arton S. Dohong Yang dimana MoU ini Tentang Pemanggilan Sidang, Pembaritahuan Putusan dan Pemberitahuan Perkara yang di upayakan Hukum untuk Pihak - Pihak yang Berperkara. Saksi pada Penandatangan MoU ini di dampingi saksi yaitu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Rudy Ruswoyo, SH., MH, dan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Gunung Mas Drs. Tito Andreas. 

Selanjutnya kembali dilanjutkan dengan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Darminto Hutasoit, SH., MH, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Kantor Pertanahan Kabupaten Gunung Mas Tentang Pemeriksaan Setempat (Ps) Perkara (Gerechtelijke Plaatsopneming/Plaatselijke Opneming EN Onerzoek) dan Sita Jaminan  (Conservatoir Beslag) di dampingi oleh Saksi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II Bapak Rudy Ruswoyo, SH., MH dan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Gunung Mas Drs. Tito Andreas.